Supervisi Dan Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar

Authors

  • Halifat Wahid Barnabas STAI Al-Khairaat Labuha,
  • Henny Nikolin Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Joulanda A.M Rawis Universitas Negeri Manado
  • Meisie Lenny Mangantes Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6845

Abstract

Supervisi merupakan bagian terpenting dari sistem pendidikan, tingkat efektivitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kualitas supervisi pendidikan yang dilakukan supervisor (guru / kepala sekolah). Aktivitas supervisi perlu memberikan kesempatan bagi supervisor untuk merdeka dalam pengembangan diri dan profesionalnya. Pada hakikatnya supervisor perlu mendapatkan kemerdekaan dalam melakukan supervisi, dalam hal ini berfokus pada pengembangan diri dan profesional supervisor. Dengan demikian, supervisor mampu mengenali dirinya beserta potensi, kekuatan, keterbatasan, hambatan dan mampu merefleksikannya sebagai strategi pengembangan dirinya. Aktivitas supervisi tidaklah lengkap dan berhasil tanpa adanya evaluasi. evaluasi bertujuan untuk mengukur keberhasilan, meningkatkan efektivitas, mengukur dampak, dan melakukan perbaikan ke depan. Penulisan artikel ini menggunakan metode reviu literatur, pada metode ini dilakukan proses pengumpulan dan seleksi artikel, pencermatan dan analisis, serta penyajian hasil. Hasil pembahasan dalam artikel ini dapat disimpulkan: 1) Kemerdekaan dalam melakukan supervisi sangatlah penting bagi pengembangan diri dan profesionalisme supervisor, 2) Kemerdekaan dalam melaksanakan supervisi pendidikan berimplikasi pada peningkatan efektivitas dan keberhasilan evaluasi, 3) Kebijakan merdeka belajar berpengaruh dan berimplikasi pada pelaksanaan supervisi dan evaluasi pendidikan, 4) Implikasi kebijakan merdeka belajar terwujud pada perencanaan, pelaksanaan supervisi dan evaluasi. Rekomendasi yang ajukan adalah. supervisor selalu mengikuti perkembangan kebijakan merdeka belajar yang episodenya selalu bertambah.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Barnabas, . H. W. ., Tambingon, H. N. ., Rawis, J. A. ., & Mangantes, M. L. . (2022). Supervisi Dan Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1696–1701. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6845

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>