Implementasi Metode Linear Congruent dalam Perancangan Game Edukasi Pramuka "Become“ (Belajar Code Morse)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6728Abstract
Pramuka merupakan sebuah proses kegiatan belajar untuk membentuk karakter kepribadian, baik itu fisik, non fisik, sosial dan emosional sebagai individu maupun anggota masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatan pramuka, anak kerap kali merasa bosan untuk belajar, dikarenakan proses belajar yang terlalu serius dan monoton seperti datang langsung, mempelajari sandi morse secara angsung melalui penjelasan guru, melakukan kegiatan baris-berbaris. Hal ini menyebabkan minat anak menjadi berkurang, imbasnya anak menjadi bosan berlatih dan sering bolos atau izin berlatih pramuka, hal ini tentunya membutuhkan proses dan kesabaran bagi setiap guru. Salah satu cara untuk meningkatkan pembelajaran dan pengetahuan kepada peserta didik tentang pramuka dapat melalui media elektronik yang berbentuk aplikasi game. Melalui aplikasi game, anak – anak dapat belajar sambil bermain.Pramuka khususnya kode pramuka bagi anggota pramuka sangat penting sebagai kode untuk mereka dalam menghadapi kehidupan pramuka dan menjadi standar tingkah laku pramuka di lingkungan masyarakat. Agar game edukasi menjadi semakin menarik saat dimainkan, maka penulis menerapkan salah satu metode yang dapat membangkitkan bilangan acak semu yaitu Linear Congruent Method (LCM). LCM dapat diimplementasikan sebagai metode pengacakan soal yang terdapat dalam menu quis. Dari hasil pengujian menggunakan black-box, sistem dalam aplikasi tersebut bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan pada pengujian kuisioner aplikasi yang dibangun masuk ke kategori “Baik” dengan hasil rata-rata 76, 40%.Downloads
Published
2022-09-10
How to Cite
Zamzami , A. R. ., & Surapati, U. . (2022). Implementasi Metode Linear Congruent dalam Perancangan Game Edukasi Pramuka "Become“ (Belajar Code Morse). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1014–1021. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6728
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Agung Rizki Zamzami, Untung Surapati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).