Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas IV Sdn 45/VI Lubuk Pungguk I
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6014Abstract
Penelitian ini dilandaskan pada rendahnya kepahaman siswa kelas IV untuk mata pelajarn ilmu pengetahuan alam, dikarenakan waktu pada kegiatan belajar yang sebentar dan siswa yang lemah dalam berpikir sehingga menyebabkan sering tertingal pelajaran. Siswa berpendapat ipa itu susah, hal ini membuat hasil belajar rendah. Untuk mencari solusi hal tersebut maka supaya bisa meningkatkan belajar khususnya untuk LKPD ilmu pengetahuan alam maka siswa belajar dirumah dengan parhatian orang tua. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ialah dengan memakai model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari tahap Analysis (Analisis), Design (perancang), Development (pengembangan) Implementation (implementasi), Evaluation (Evaluasi).Tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran yaitu merancang produk, pengembangan produk, validasi, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas, dan tahap penyebaran ini dilakukan di SDN 45/V1 Lubuk Pungguk I. hasil belajar mengajar praktikalitas yang dilakukan peneliti pada lokal kelas IV dengan hasil 95% dikatogorikan sangat praktis, kemudian hasil efektifitas LKPD pembelajaran ilmu pengetahuan alam mendapat skor rata rata 95% dikategorikan sangat efektif. Maka dari hasil yang ada bisa di rincikan bahwa LKPD pelajaran ilmu pengetahuan alam lokal IV SD begitu bagus dengan hal yang ada di SDN 45/V1 Lubuk Pungguk. Jadi hal ini bisa dirincikan LKPD pembelajaran IPA kelas V dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.Downloads
Published
2022-08-13
How to Cite
Piriana, P., Okta Susilawati, W. ., & Intan Sari, F. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas IV Sdn 45/VI Lubuk Pungguk I . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3256–3264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6014
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Piriana Piriana, Wiwik Okta Susilawati, Faradilla Intan Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).