Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas IV Sdn 45/VI Lubuk Pungguk I

Authors

  • Piriana Piriana Universitas Dharmas Indonesia
  • Wiwik Okta Susilawati Universitas Dharmas Indonesia
  • Faradilla Intan Sari Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6014

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada rendahnya kepahaman siswa kelas IV untuk mata pelajarn ilmu pengetahuan alam, dikarenakan waktu pada kegiatan belajar yang sebentar dan siswa yang lemah dalam berpikir sehingga menyebabkan sering tertingal pelajaran. Siswa berpendapat ipa itu susah, hal ini membuat hasil belajar rendah. Untuk mencari solusi hal tersebut maka supaya bisa meningkatkan belajar khususnya untuk LKPD ilmu pengetahuan alam maka siswa belajar dirumah dengan parhatian orang tua. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ialah dengan memakai model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari tahap Analysis (Analisis), Design (perancang), Development (pengembangan) Implementation (implementasi), Evaluation (Evaluasi).Tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran yaitu merancang produk, pengembangan produk, validasi, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas, dan tahap penyebaran ini dilakukan di SDN 45/V1 Lubuk Pungguk I. hasil belajar mengajar praktikalitas yang dilakukan peneliti pada lokal kelas IV dengan hasil 95% dikatogorikan sangat praktis, kemudian hasil efektifitas LKPD pembelajaran ilmu pengetahuan alam mendapat skor rata rata 95% dikategorikan sangat efektif. Maka dari hasil yang ada bisa di rincikan bahwa LKPD pelajaran ilmu pengetahuan alam lokal  IV SD begitu bagus dengan hal yang ada di SDN 45/V1 Lubuk Pungguk. Jadi hal ini bisa dirincikan LKPD pembelajaran IPA kelas V dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Piriana, P., Okta Susilawati, W. ., & Intan Sari, F. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas IV Sdn 45/VI Lubuk Pungguk I . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3256–3264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6014