Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Indihome PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai

Authors

  • Variza Aditiya STIA LANCANG KUNING DUMAI
  • Yulianda Sari STIA LANCANG KUNING DUMAI
  • Dina Santika STIA LANCANG KUNING DUMAI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6480

Abstract

Adapun gejala masalah yang ditemukan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai berkaitan dengan faktor-faktor yang memepengaruhi kepuasan pelanggan  Indihome antara lain : 1.) masih adanya peningkatan pelanggan yang berhenti (cabutan) setiap tahunnya pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai. 2.) masih adanya pelayanan yang kurang maksimal kepada pelanggan Indihome oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai dalam mengatasi gangguan pada produk Indihome. Penelitian deskriptif ini memiliki populasi yang meliputi karyawan dan pelanggan Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai. Untuk Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh, sedangkan untuk pelanggan Indihome menggunakan metode incidental sampling. Jenis data dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Dalam menganalisa data digunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan teknik pengukuran yakni rating scale. Hasil penelitian tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Indihome pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai dikategorikan Puas. Hal ini dibuktikan dengan 98 responden diperoleh total skor 3.106 dengan interval 2.940 – 4.410 dengan persentase total skor adalah 70,43%. Faktor pendukungnya adalah terdapatnya Kualitas Produk serta Biaya dan Kemudahan yang baik, sedangkan faktor penghambatnya adalah masih kurangnya Kualitas Pelayanan dan Harga yang sesuai untuk pelanggan.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Aditiya, V. ., Sari, Y. ., & Santika, D. . (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Indihome PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kandatel Dumai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6212–6224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6480