Analisis Framing Pan dan Kosicki pada Pemberitaan Kontroversi Terpilihnya Ahok Sebagai Komisaris Utama Pertamina Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Teks Editorial
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6250Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan konsep atau pandangan media online dalam memberitakan suatu peristiwa atau kejadian. Terlebih dalam pemberitaan mengenai politik, seperti pemberitaan terkait kontroversi terpilihnya Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bagaimana media online Liputan6.com dan Kompas.com dalam mengemas berita terkait kontroversi terpilihnya Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina, 2) mengidentifikasikan perbandingan struktur framing dalam pemberitaan kontroversi terpilihnya Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina pada media online liputan6.com dan kompas.com dengan menggunakan teori Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki, dan 3) mendeskripsikan hasil analisis framing pemberitaan kontroversi terpilihnya Ahok sebagai komisaris utama pada media online liputan6.com dan kompas.com yang direlevansikan dengan pembelajaran teks editorial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis framing dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode analisis framing digunakan untuk mengetahui bagaimana media online tersebut membingkai berita yang ditulis dapat menarik perhatian pembaca. Kemudian, pendekatan kualitatif merupakan sebuah pendekatan yang proses pemerolehan datanya bersifat apa adanya. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, ditemukan adanya perbedaan yang terlihat dari segi kebahasaan. Jika media online Kompas.com menggunakan ragam bahasa kias. Sedangkan, media Liputan6.com lebih menggunakan ragam bahasa lisan atau bahasa sehari-hari.Downloads
Published
2022-08-22
How to Cite
Windari, D. ., Sugiarti, D. H. ., & Rosalina, S. . (2022). Analisis Framing Pan dan Kosicki pada Pemberitaan Kontroversi Terpilihnya Ahok Sebagai Komisaris Utama Pertamina Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Teks Editorial . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4892–4899. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6250
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Diah Windari, Dewi Herlina Sugiarti, Sinta Rosalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).