Contextual Teaching and Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Koneksi antar Materi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5895Abstract
Guru belum secara maksimal memfasilitasi siswa dalam mengaitkan materi dalam kehidupan nyata, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Keaktifan belajar merupakan suatu hal yang sangat berperan penting di dalam setiap proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi gerhana bulan dan gerhana matahari melalui implementasi model Contextual Teaching and Learning. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai instrument kunci dalam penelitian ini, dimana peneliti sendiri yang melakukan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar aktivitas dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Contextual Teaching and Learning sangat berdampak positif untuk peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh telah terjadi peningkatan hasil belajar dari 68,97% pada siklus I menjadi 93,1% pada siklus II dengan kategori tuntas. Aktivitas guru dari 77% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 86,2%. Aktivitas siswa pada siklus I sampai siklus II juga mengalami peningkatan dari 76% meningkat menjadi 85%. Ini membuktikan bahwa guru dan siswa terlibat secara aktif dalam menghubungkan koneksi antar materi dengan konteks dalam kehidupan siswa secara nyata.Downloads
Published
2022-08-08
How to Cite
Idawati, I., & Siraj, S. (2022). Contextual Teaching and Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Koneksi antar Materi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2720–2724. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5895
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Idawati Idawati, Siraj Siraj
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).