Desain Model Budaya Sekolah Berbasis Nilai Kebangsaan dan Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Siraj Siraj Universitas Malikussaleh
  • Sayni Nasrah Universitas Malikussaleh
  • Atta Illah Universitas Malikussaleh
  • Bengi Sara Simehate Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6948

Abstract

Budaya sekolah yang terbangun selama ini hanya sebatas visualisasi simbol-simbol di lingkungan sekolah, sehingga esensi dari budaya sekolah sebagai proses pembentukan karakter masih jauh dari harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, implementasi dan menemukan model rekomendasi budaya sekolah berbasis nilai kebangsaan dan kearifan lokal dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Pentingnya penelitian ini dilakukan karena sekolah memerlukan sebuah model budaya sekolah berbasis nilai kebangsaan dan kearifan lokal dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini telah menghasilkan model rekomendasi model budaya sekolah berbasis nilai kebangsaan dan kearifan lokal dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Integrasi nilai-nilai kebangsaan dan kearifan lokal Aceh telah mampu menumbuhkembangkan karakter siswa yang senantiasa berpikir dan bersikap terbuka terhadap kemajemukan dan perbedaan, serta secara aktif berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan manusia sebagai bagian dari warga Indonesia dan dunia.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Siraj, S., Nasrah, . S., Illah, A. ., & Simehate, B. S. . (2022). Desain Model Budaya Sekolah Berbasis Nilai Kebangsaan dan Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2314–2320. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6948