Pengembangan Instrumen Deteksi Kesiapan Belajar Anak Memasuki SD Dilihat dari Dimensi Kesiapan Fisik Motorik

Authors

  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Taopik Rahman Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Rida Nurjanah UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5872

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan orang tua dan Pendidik yang belum optimal dan komperhensif mengetahui informasi kesiapan belajar anak karena jarang tersedianya instrumen yang diperlukan untuk itu. Kesiapan belajar berpengaruh terhadap kesuksesan anak dalam mengikuti proses belajar, maka diperlukan instrumen yang tepat serta mudah digunakan oleh orang tua dan pendidik untuk memperoleh informasi kesiapan belajar anak, salah satunya pada aspek fisik motorik. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu pengembangan dengan desain Educational Desain Research (EDR). Studi pendahuluan dalam penelitian ini dilaksanakan di TK Alphabet dan RA Alfhatunnisa. Sedangkan untuk uji coba  dilakukan dengan melibatkan 3 orang guru TK Kelompok B dan 3 orang tua yang memiliki anak 5-6 tahun di wilayah Panglayungan, kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, wawancara, validasi ahli, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk perencanaan pembelajaran yang dibuat layak digunakan sesuai dengan validasi ahli, respon guru dan orang tua pada saat uji coba.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Mulyana, E. H. ., Rahman, T. ., & Nurjanah, R. (2022). Pengembangan Instrumen Deteksi Kesiapan Belajar Anak Memasuki SD Dilihat dari Dimensi Kesiapan Fisik Motorik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2684–2691. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5872