Analisis Metode Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5839Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksaan dan evaluasi pengelolaan metode belajar mandiri bagi warga belajar program kesetaraan Kejar Paket C di PKBM Bintang Flobamora Kupang, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik sampling purposive digunakan untuk menentukan subyek penelitian yang terdiri dari 2 orang tutor dan 4 orang warga belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan triangulasi untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga belajar belum sepenuhnya dilibatkan dalam tahap perencanaan pembelajaran dan tujuan pembelajaran masih berfokus pada pengembangan kompetensi pengetahuan. Pelaksanaan metode pembelajaran mandiri juga masih belum berhasil sepenuhnya karena warga belajar masih memiliki pemahaman yang keliru mengenai makna belajar mandiri yang sesungguhnya. Evaluasi berupa post test yang dilakukan ternyata hanya mampu mengukur perkembangan aspek kognitif dan belum menyentuh aspek-aspek perkembangan lainnya serta kendala-kendala yang dihadapi selama proses belajar mandiri guna perbaikan ke arah pengembangan yang lebih baik.Downloads
Published
2022-08-04
How to Cite
Perwitasari, D. ., & Fatayan, A. . (2022). Analisis Metode Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2556–2560. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5839
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Diah Perwitasari, Arum Fatayan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).