Improving Social Studies Learning Outcomes On Cultural Diversity Materials In Indonesia Through IV Grade Demonstration Methods In Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13600Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi keanekaragaman budaya di Indonesia dengan menggunakan metode Demonstrasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah 32 siswa kelas 4. Penelitian ini menggunakan Kemmis dan Mc. model. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. , setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Masing – masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan pengelolaan pembelajaran oleh guru. Ketuntasan hasil belajar ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa menurut standar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Terdapat 47% yaitu 15 orang sesuai standar KKM sehingga masih dalam kriteria kurang baik. Pada siklus I meningkat menjadi 75% yaitu 24 orang menjadi kriteria cukup baik dan pada siklus II mencapai 94% yaitu 30 orang sehingga mencapai kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keanekaragaman Budaya di Indonesia dari siklus I ke siklus II.Downloads
Published
2023-04-02
How to Cite
Wati, D. P. ., Fatayan, A. ., & Astuti, R. . (2023). Improving Social Studies Learning Outcomes On Cultural Diversity Materials In Indonesia Through IV Grade Demonstration Methods In Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2481–2484. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13600
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dita Prihatna Wati, Arum Fatayan, Rusly Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).