Analisis Dampak Pendidikan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Melaksanakan Tata Terbit di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5322Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini ialah, bertujuan untuk menganalisis tingkat kepatuhan dan tata tertib siswa dalam lingkungan sekolah atau keluarga. Subjek dari penelitian ini ialah siswa-siswi kelas III MI Albaliyah, Cibinong, Kota Bogor yang berjumlah 15 orang. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengambilan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan beberapa cara seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penelitian ini dianalisiskan menggunakan Teknik ananlisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Kemudian hasil dari penelitian ini adalah, peneliti menemukan bahwa kondisi lingkungan keluarga sangat berpengaruh terhadap kepatuhan siswa di sekolah, hal ini dikarenakan siswa yang memiliki lingkungan keluarga yang baik sudah terbiasa mengikuti dan menaati peraturan yang ada di rumah. Siswa dengan kondisi lingkungan keluarga yang baik juga lebih mudah diberikan arahan untuk mematuhi peraturan dan tata tertib di sekolah dibandingkan dengan siswa yang berada di lingkungan keluarga yang kurang baik.Downloads
Published
2022-07-10
How to Cite
Vidianingrum, R. W. ., & Fatayan, A. . (2022). Analisis Dampak Pendidikan Keluarga Terhadap Kepatuhan Siswa Melaksanakan Tata Terbit di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 772–779. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5322
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ratna Wulan Vidianingrum, Arum Fatayan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).