Eskalasi Instrumen Deteksi Dini Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Aini Loita Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Triana Maulani Utami Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5835

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan mengenai rendahnya deteksi dini pada anak usia 5-6 tahun pada perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian perkembangan anak usia 5-6 tahun berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) dan melakukan deteksi dini perkembangan kognitif pada anak dengan membuat sebuah instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek tiga anak yang berusia 5-6 tahun dan orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara serta memberikan serangkaian rangsangan untuk mendukung munculnya respon terhadap capaian perkembangan yang akan diukur. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek belum sesuai dengan indikator tingkat pencapaian perkembangan anak dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kata kunci: deteksi dini; pencapaian perkembangan; perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Sianturi, . R. ., Loita, . A. ., & Utami, T. M. (2022). Eskalasi Instrumen Deteksi Dini Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2561–2571. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5835