Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Lala Eriska Universitas PGRI Palembang
  • Hetilaniar Hetilaniar Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5609

Abstract

pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berbasis inkuiri materi suhu dan kalor kelas V yang dapat digunakan di Sekolah Dasar untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu pendidik dalam menyampaikan materi dan membantu siswa agar mudah memahami pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 18 Palembang kelas V penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan R&D (Recearch and Development) yang menggunakan model ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah berupa. Teknis analisis data yaitu analisis data kevalidan dan analisis data kepraktisan, teknik pengumpulan yang digunakan berupa dokumentasi dan angket. Angket yang diberikan kepada ahli media, ahli bahasa, ahli materi dan angket respon siswa menggunakan kelompok kecil (small group). Penelitian ini menghasilkan bahan ajar digital berupa e-modul berbasis inkuiri yang digunakan pada jenjang Sekolah Dasar. Hasil validasi ahli media 92,5%, ahli bahasa 85%, ahli materi 90,38%, dan hasil uji coba kelompok kecil (small group) 90,17% katergori sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Lala Eriska, Hetilaniar, H., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Materi Suhu Dan Kalor Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1797–1801. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5609