Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD

Authors

  • Suci Karmila Universitas PGRI Palembang
  • Hetilaniar Hetilaniar Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5563

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 240 Palembang pada tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen dengan design The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 240 Palembang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yang terbagi menjadi dua kelas IV.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata (Posttest) kelas eksperimen 79,5 dan kelas kontrol 62,5. Dan untuk uji hipotesisnya menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,010. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,025, maka  ditolak. Artinya  diterima dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode bercerita dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model konvensional di kelas IV SD Negeri 240 Palembang. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode bercerita terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 240 Palembang”. 

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

Suci Karmila, Hetilaniar, H., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1520–1530. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5563

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>