Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas II Di SD Negeri 66 Palembang

Authors

  • Neri Sundari Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang
  • Patricia H.M. Lubis Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6712

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas II di SD Negeri 66 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriftif. Jumlah seluruh siswa yang diteliti dalam penelitian ini adalah berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah Observasi, Wawancara, Tes dan Dokumentasi berupa hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi operasi hitung kelas II di SD Negeri 66 Palembang. Aspek yang dinilai dalam penelitian ini meliputi indikator pemecahan masalah matematis berdasarkan Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali jawaban. Dari hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas II di SD Negeri 66 Palembang masih rendah.

Downloads

Published

2022-09-09

How to Cite

Sundari, N., Kuswidyanarko, A. ., & Lubis, P. H. . (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa Kelas II Di SD Negeri 66 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 924–929. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6712

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>