Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Dea Indriani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Tasikmalaya
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Taopik Rahman Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5414

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media loose parts untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan TK IT Pelopor Al-Munawwar. Dengan menggunakan Teknik Pepngumpulan data observasi kepada anak dan wawancara kepada guru kelompok A. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat beberapa anak yang memiliki perkembangan motorik kasar yang lemah, hal ini terlihat dari kurangnya kemampuan anak dalam  kelincahan, kelenturan, keseimbangan, dan perkembangan otot kaki. Menurut guru kelas, solusi dari permasalahan tersebut ialah dengan menggunakan media loose parts. Namun dalam penggunaannya, pendidik harus mampu menata lingkungan  sebaik mungkin agar dapat memunculkan daya tarik anak dan memberikan kegiatan yang menyenangkan serta bervariatif agar anak tidak merasa bosan. Biasanya media loose parts digunakan sebelum kegiatan pembelajaran. Kesimpulannya, salah satu media yang memudahkan dalam merangsang kemampuan motorik kasar anak agar optimal ialah media loose parts. Namun peran pendidik juga sangat penting dalam penggunaan media tersebut agar anak tertarik, tidak merasa bosan, dan mampu mengikuti intruksi yang diberikan, serta berperan aktif dalam melakukan kegiatan. Hal tersebut dikarenakan anak usia dini membutuhkan bimbingan dari orang dewasa. Orang dewasa harus memahami bahwa setiap anak mempunyai karakateristik yang berbeda-beda dalam setiap perkembanganya.

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Dea Indriani, Muslihin, H. Y. ., & Rahman, T. . (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1180–1187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5414