Analisis Deteksi Dini dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK El-Banna

Authors

  • Khadijah Khadijah [email protected]
  • Nur Hasanah Hasibuan UIN Sumatera Utara
  • Nabila Thifali Nst UIN Sumatera Utara
  • Ayu Syarani Siregar UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5226

Abstract

Program deteksi dan stimulasi pada anak usia dini yang dilakukan di TK El-Banna Pasar ujung batu sama seperti penelitian-penelitian terdahulu yang merupakan program untuk mengetahui tumbuh kembang anak, yang bertujuan jika terdapat hambatan pada anak bisa diatasi dengan segera mungkin. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan melakukan observasi dan mengumpulkan data-data penelitian terdahulu dengan responden 20 anak dan pihak sekolah. Hasil penelitian didapatkan bahwa pertumbuhan dan perkembangannya bagus jika dilihat dari tinggi badan dan berat badan yang sesuai yaitu rata-rata memiliki tinggi 110 cm-115 cm dengan rata-rata berat badan 18-20 kg, terdapat satu ABK tunawicara dan tunawisma, ada sekitar 4 anak yang celat, ada beberapa anak yang kesulitan dalam berinteraksi dengan sosialnya, lingkungan sekitarnya, bermain jika di ajak oleh temannya, tidak bercerita jika belum dimulai pembicaraan oleh temannya, terdapat anak yang susah menangkap pembelajaran, gangguan pemusatan perhatian. Jadi evaluasi hasil kegiatan ini berguna bagi orang tua agar tahu apa yang harus diberikan kepada anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan optimal, dan berguna bagi pendidikan seperti guru bisa memberikan stimulus-stimulus disekolah guna meningkatkan tumbuh kembang anak. Sehingga dengan adanya kegiatan rutin ini, pertumbuhan dan perkembangan anak bisa ditangani dengan baik .

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Khadijah, K., Hasibuan, N. H. ., Nst, N. T. ., & Siregar, A. S. . (2022). Analisis Deteksi Dini dan Stimulasi Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK El-Banna . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 326–332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5226

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>