Pengembangan Media Pembelajaran Roulette Bingo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD

Authors

  • Khoirotun Qolbiah Al Mutmainnah Universitas PGRI Palembang
  • Hermansyah Hermansyah Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5232

Abstract

Belum optimalnya penggunaan media pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran siswa untuk memahami materi ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran Roulette Bingo pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi puisi kelas IV SD yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan metode R&D (Reseacrh and development) dengan model ADDIE. Penelitian ini di lakukan di SD Negeri 4 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian oleh ahli media memperoleh skor 97,33% dengan kategori “Sangat layak/valid”, ahli materi yaitu 91,67% dengan kategori “Sangat layak/valid”, sedangkan hasil penilaian oleh guru kelas memperoleh skor 97,34% dengan kategori “ Sangat praktis”. Hasil penilaian siswa pada uji coba one to one memperoleh skor 79,44% dengan kategori “Praktis”, sedangkan pada uji coba small group memperoleh skor 91,50% dengan kategori “ Sangat Praktis”. Hasil penilaian yang terdiri dari 29 siswa memperoleh skor 88,27% dengan kategori “Sangat Praktis. Dengan demikian media yang dikembangkan berupa media Roulette Bingo dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Mutmainnah, K. Q. A. ., Hermansyah, H., & Marleni, . M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Roulette Bingo Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 352–358. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5232

Most read articles by the same author(s)