Pengembangan Media Lift the Flap Book Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD

Authors

  • Sinta Novitasari Universitas PGRI Palembang
  • Hermansyah Hermansyah Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Noviati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5201

Abstract

Kurangnya media pembelajaran guna mendukung kegiatan pembelajaran siswa untuk memahami materi ajar. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran lift the flap book pada pembelajatan IPA kelas V SD yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu menggunakan metode R&D (Reseacrh and development) dengan model ADDIE. Penelitian ini di lakukan di SD Negeri 4 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian oleh ahli media media memperoleh skor 96,00% dengan kategori “Sangat layak/valid”, ahli materi yaitu 92,30% dengan kategori “Sangat layak/valid”, sedangkan hasil penilaian oleh guru kelas memperoleh skor 90,76% dengan kategori “ Sangat praktis”. Hasil penilaian siswa pada uji coba one to one memperoleh skor 92,66% dengan kategori “Sangkat Praktis” sedangkan pada uji coba small group memperoleh skor 80,2% dengan kategori “Praktis”. Penilaian kepada seluruh siswa memperoleh skor 87,25% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian media yang dikembangkan berupa media lift the flap book dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Novitasari, S. ., Hermansyah, H., & Noviati, N. (2022). Pengembangan Media Lift the Flap Book Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 209–215. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5201