Kendala Guru Pendidikan Sejarah Dalam Mengajarkan Materi Kerajaan-Kerajaan Nusantara Pada SMA N 3 Rumbai

Authors

  • Putri Syafira Universitas Riau
  • Isjoni Isjoni Universitas Riau
  • Asyrul Fikri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5012

Abstract

Materi kerajaan di Nusantara merupakan materi ajar guru sejarah SMA yang membutuhkan keterampilan guru memberikan gambaran peristiwa sejarah kepada siswa. Dalam hal ini guru mendapatkan kendala dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini mengetahui kendala guru pendidikan sejarah dalam mengajarkan materi kerajaan-kerajaan nusantara di SMA N 3 Rumbai dan mengetahui metode yang digunakan guru pendidikan sejarah SMA N 3 Rumbai terhadap materi kerajaan-kerajaan di nusantara. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitina Kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah kendala guru pendidikan sejarah di SMA N 3 Rumbai dalam mengajarkan materi kerajaan-kerajaan di Nusantara tersebut adalah guru menjadi lebih lama dalam hal menginput nilai dikarenakan ada beberapa siswa yang terlambat mengumpulkan tugas karena terkendala beberapa faktor, seperti handphone yang dibawa kerja oleh orang tua, kouta internet yang tidak tersedia, dan ada juga yang beralasan tidak adanya sinyal. Metode yang digunakan guru pendidikan sejarah dalam mengajarkan materi kerajaan-kerajaan di Nusantara adalah metode pembelajaran online atau daring dikarenakan pendemi yang belum juga berakhir pada kegiatan belajar mengajar tahun 2021/2022. Guru masih melakukan peningkatan dalam menggunakan teknologi untuk pengajaran materi kerajaan-kerajaan nusantara.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Syafira, P. ., Isjoni, I., & Fikri, A. . (2022). Kendala Guru Pendidikan Sejarah Dalam Mengajarkan Materi Kerajaan-Kerajaan Nusantara Pada SMA N 3 Rumbai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2036–2039. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5012

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>