Kendala Guru Pendidikan Sejarah Dalam Mengajarkan Materi Kerajaan-Kerajaan Nusantara Pada SMA N 3 Rumbai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5012Abstract
Materi kerajaan di Nusantara merupakan materi ajar guru sejarah SMA yang membutuhkan keterampilan guru memberikan gambaran peristiwa sejarah kepada siswa. Dalam hal ini guru mendapatkan kendala dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini mengetahui kendala guru pendidikan sejarah dalam mengajarkan materi kerajaan-kerajaan nusantara di SMA N 3 Rumbai dan mengetahui metode yang digunakan guru pendidikan sejarah SMA N 3 Rumbai terhadap materi kerajaan-kerajaan di nusantara. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitina Kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah kendala guru pendidikan sejarah di SMA N 3 Rumbai dalam mengajarkan materi kerajaan-kerajaan di Nusantara tersebut adalah guru menjadi lebih lama dalam hal menginput nilai dikarenakan ada beberapa siswa yang terlambat mengumpulkan tugas karena terkendala beberapa faktor, seperti handphone yang dibawa kerja oleh orang tua, kouta internet yang tidak tersedia, dan ada juga yang beralasan tidak adanya sinyal. Metode yang digunakan guru pendidikan sejarah dalam mengajarkan materi kerajaan-kerajaan di Nusantara adalah metode pembelajaran online atau daring dikarenakan pendemi yang belum juga berakhir pada kegiatan belajar mengajar tahun 2021/2022. Guru masih melakukan peningkatan dalam menggunakan teknologi untuk pengajaran materi kerajaan-kerajaan nusantara.Downloads
Published
2022-06-27
How to Cite
Syafira, P. ., Isjoni, I., & Fikri, A. . (2022). Kendala Guru Pendidikan Sejarah Dalam Mengajarkan Materi Kerajaan-Kerajaan Nusantara Pada SMA N 3 Rumbai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2036–2039. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5012
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Syafira, Isjoni, Asyrul Fikri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).