Implementasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Pendekatan Vct Untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kubu, Rohil
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4724Abstract
Penelitian Ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sejarah yang hanya sekedar mengingat peristiwa-peristiwa sejarah tanpa memasukkan ataupun membantu siswa dalam menemukan suatu nilai yang dianggapnya penting, menyebabkan siswa masih bingung dalam menentukan sikap serta siswa kurang menyadari nilai multikultural pada dirinya sehingga rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengimplementasikan nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah dengan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) untuk menumbuhkan motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk deskriptif. Pengumpulan data yang telah digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil motivasi siswa melalui lembar observasi setelah menggunakan pendekatan VCT. Data hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dimana rata-rata aktivitas guru 38, nilai multikultural 65%, aktivitas siswa 73%, dan motivasi belajar siswa 74% dan pada siklus II terjadi peningkatan dimana rata-rata aktivitas guru 46%, nilai multikultural 79%, aktivitas siswa 85%, dan motivasi belajar siswa 87%, peningkatan ini terjadi setelah menggunakan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran sejarah.Downloads
Published
2022-06-16
How to Cite
kusnilawati, . L. ., Isjoni, I. ., & Ahmal, A. (2022). Implementasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Pendekatan Vct Untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kubu, Rohil. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1130–1136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4724
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Liza kusnilawati, Isjoni, Ahmal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).