Implementasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Pendekatan Vct Untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kubu, Rohil

Authors

  • Liza kusnilawati Universitas Riau
  • Isjoni Isjoni Universitas Riau
  • Ahmal Ahmal Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4724

Abstract

Penelitian Ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sejarah yang hanya sekedar mengingat peristiwa-peristiwa sejarah tanpa memasukkan ataupun membantu siswa dalam menemukan suatu nilai yang dianggapnya penting, menyebabkan siswa masih bingung dalam menentukan sikap serta siswa kurang menyadari nilai multikultural pada dirinya sehingga rendahnya motivasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengimplementasikan nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah dengan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) untuk menumbuhkan motivasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk deskriptif. Pengumpulan data yang telah digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil motivasi siswa melalui lembar observasi setelah menggunakan pendekatan VCT. Data hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dimana rata-rata aktivitas guru 38, nilai multikultural 65%, aktivitas siswa 73%, dan motivasi belajar siswa 74% dan pada siklus II terjadi peningkatan dimana rata-rata aktivitas guru 46%, nilai multikultural 79%, aktivitas siswa 85%, dan motivasi belajar siswa 87%, peningkatan ini terjadi setelah menggunakan pendekatan Value Clarification Technique (VCT) pada mata pelajaran sejarah.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

kusnilawati, . L. ., Isjoni, I. ., & Ahmal, A. (2022). Implementasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Pendekatan Vct Untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kubu, Rohil. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1130–1136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4724

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>