Analisis Metode An Nahdhiyah Terhadap Pemahaman Membaca Al Qur`An Di TPQ Baitul Abror

Authors

  • Hidayati Hidayati Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Imam Bukhori Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4739

Abstract

Metode merupakan pokok penting dalam proses pembelajaran, begitupula  pembelajaran Al Qur an. Uniknya, di daerah kecamatan kraksaan mulai menerapakan metode “Baru” yaitu metode AN Nahdhiyah yang berupaya untuk mengajarkan Al Qur an pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode An Nahdliyah dalam pembelajaran Al Qur an, dengan latar penelitian di TPQ dusun Sukunan.Penelitian empirik ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus. Teknik observasi langsung dan wawancara terstruktur digunakan untuk memperoleh data penelitian. Kemudian, data tersebut akan  di analisa dengan teknik pendataannya, penyajian data, dan kesimpulan. Akhirya, uji keabsahan data melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa :metode An Nahdliyah sangat efektif dalam memberikan bimbingan, sebab metodenya menyenangkan,tidak membosankan,dan menggunakan ketukan dari tongkat klasikal.Penerapan metode An Nahdliyah dilakukan secara beberapa tahap , yaitu tahapan pengenalan huruf,memahami ketukan secara murotal bacaan,membaca secara bersama-sama.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Hidayati, H., & Bukhori, I. (2022). Analisis Metode An Nahdhiyah Terhadap Pemahaman Membaca Al Qur`An Di TPQ Baitul Abror. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1150–1159. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4739