Implementasi Pembelajaran Berbasis Lots Dan Hots Pada Kelas Rendah Di SDN 111/I Muara Bulian

Authors

  • Yuni Faska Ayu Universitas Jambi
  • Aulia Fitriani Universitas Jambi
  • Putri Jayani Simbolon Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4309

Abstract

Implementasi Pembelajaran Berbasis  Lots Dan Hots Pada Kelas Rendah Di Sdn 111/I Muara Bulian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis LOTS dan HOTS pada kelas rendah di SDN 111/I Muara Bulian. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 111/I Muara Bulian pada tanggal 07 januari sampai   dengan   07   februari   2022.   Pendekatan   penelitian   yang   digunakan digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang implementasi pembelajaran berbasis LOTS dan HOTS pada kelas rendah   yang diperoleh melalui observasi dan wawancara,  yang  menunjukkan  bahwa  guru  kelas  rendah  telah  menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis LOTS dan HOTS dengan guru kelas I, II, dan III sebagai data utama, wawancara dengan guru kelas rendah  dan kepala sekolah serta dokumentasi sebagai data pendukung. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas rendah SDN 111/I Muara Bulian telah menerapkan dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis LOTS dan HOTS dengan kategori baik. Dari hasil penelitian guru telah merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis LOTS dan HOTS. Dalam pembelajaran berbasis LOTS dan HOTS dengan kategori C1, C2, C3 berpikir tingkat  rendah (LOTS) dan kategori C4, C5, dan C6  berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Downloads

Published

2022-05-19

How to Cite

Ayu, Y. F., Fitriani, A. ., Simbolon, P. J. ., & Noviyanti, S. . (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Lots Dan Hots Pada Kelas Rendah Di SDN 111/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 303–316. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4309

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>