Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran SBDP di Kelas V Sekoah Dasar

Authors

  • Argi Eko Siswanto Universitas Jambi
  • Nadia Dama Yanti Universitas Jambi
  • Vika Notalia Isa Universitas jambi
  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4288

Abstract

 Penelitian ini membahas tentang kreativitas guru dalam proses pembelajaran SBdP dikelas V SDN 111/I Muara Bulian, pokok masalah dari penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran SBdP, dan apa faktor pengambat dan pendukung kreatifitas guru dalam proses pembelajaran SBdP di kelas V SDN 111/I Muara Bulian. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian analisis dengan menggunakan teknik Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah kreatif dalam proses pembelajaran SBdP dikelas V SDN 111/I Muara Bulian, walaupun bukan dari latar belakang keilmuan pendidikan seni. Faktor penghambat kreativitas guru SBdP dikelas V SDN 111/I Muara Bulian antara lain: (a) alokasi waktu pembelajaran (b) sumber belajar masih kurang, (c) guru SBdP bukan dari pendidikan kesenian. Faktor Pendukung yaitu: (a) adanya kemampuan guru dalam proses pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada, (b) kemampuan guru dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk pembelajaran SBdP, (c) kerjasama yang baik terjalin pada setiap guru dan kepala sekolah.

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Siswanto, A. E. ., Yanti, N. D. ., Isa, V. N., Syahrial, S., & Noviyanti, S. . (2022). Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran SBDP di Kelas V Sekoah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 166–178. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4288

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>