Kesulitan Guru Bahasa Inggris Dalam Membangun Karakter Melalui Cerita Narratif Di Sekolah Dasar Di Indonesia

Authors

  • Fakhira Alya Universitas Jambi
  • Tasya Salsabillah Universitas Jambi
  • Riska Adinda Putri Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4304

Abstract

Menerapkan nilai karakter pada mata pelajaran di sekolah adalah salah satu caranya Pemerintah Indonesia menanamkan program karakter bangsa. Menggunakan narasi cerita sebagai mata pelajaran materi dalam kelas bahasa diharapkan dapat meningkatkan karakter siswa di sekolah. Namun,-9 guru bahasa Inggris tingkat dasar menghadapi kesulitan dalam mengimplementasikan karakter siswa melalui proses belajar mengajar proses. Ada beberapa kendala yang dihadapi guru seperti: alokasi waktu yang disediakan tidak cukup bagi guru untuk menyampaikan nilai-nilai bagus dari cerita naratif diajarkan, ia kemudian cenderung mengangkat bagian-bagian kognitif dengan mendiskusikannya bagian linguistik dan menekankan bagaimana siswa memahami cerita bahkan tanpa memberi saatnya mereka menerapkan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya pengajaran bahan untuk mendukung proses penanaman karakter melalui cerita naratif adalah juga dituding menjadi alasan mengapa guru sulit menerapkan character building proses.

Downloads

Published

2022-05-19

How to Cite

Alya, F. ., Salsabillah, T. ., Putri, R. A. ., & Noviyanti, S. . (2022). Kesulitan Guru Bahasa Inggris Dalam Membangun Karakter Melalui Cerita Narratif Di Sekolah Dasar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 272–277. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4304

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>