Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Elsa Rahayu Setianingsih Universitas Jambi
  • Thalia Cahya Nabila Nainggolan Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4303

Abstract

Literasi menjadi tolak ukur pengetahuan yang tercermin dalam sikap dan perilaku seseorang untuk menghadapi tantangan di abad-21 ini. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis terkait pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Adapun batasan yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah hanya bersifat literature review terkait jurnal-jurnal yang relevan dengan judul yang terkait. Jenis artikel yang dituliskan menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Studi literatur yang dilakukan dalam penulisan artikel ini meliputi analisis dan juga telaah terkait buku, artikel, jurnal, atau sumber relevan lainnya yang berkesinambungan dengan judul. Kesimpulan yang dapat diambil dari jurnal ini adalah bahwa sangat penting, khususnya bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan literasi digital. Pada masa pandemi Covid-19, semua bentuk kegiatan dan aktivitas dilakukan secara daring dengan memanfaatkan akses digital. Literasi peserta didik tidak selalu berpatokan terhadap buku cetak akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi dapat dilakukan dengan memanfaatkan internet, smarthphone, dan lain sebagainya.

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Setianingsih, E. R. ., Nabila Nainggolan, T. C. ., & Noviyanti, S. . (2022). Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 265–271. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4303

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>