Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4303Abstract
Literasi menjadi tolak ukur pengetahuan yang tercermin dalam sikap dan perilaku seseorang untuk menghadapi tantangan di abad-21 ini. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis terkait pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Adapun batasan yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah hanya bersifat literature review terkait jurnal-jurnal yang relevan dengan judul yang terkait. Jenis artikel yang dituliskan menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Studi literatur yang dilakukan dalam penulisan artikel ini meliputi analisis dan juga telaah terkait buku, artikel, jurnal, atau sumber relevan lainnya yang berkesinambungan dengan judul. Kesimpulan yang dapat diambil dari jurnal ini adalah bahwa sangat penting, khususnya bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan literasi digital. Pada masa pandemi Covid-19, semua bentuk kegiatan dan aktivitas dilakukan secara daring dengan memanfaatkan akses digital. Literasi peserta didik tidak selalu berpatokan terhadap buku cetak akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi dapat dilakukan dengan memanfaatkan internet, smarthphone, dan lain sebagainya.Downloads
Published
2022-05-18
How to Cite
Setianingsih, E. R. ., Nabila Nainggolan, T. C. ., & Noviyanti, S. . (2022). Analisis Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 265–271. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4303
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elsa Rahayu Setianingsih, Thalia Cahya Nabila Nainggolan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).