Penggunaan Bahasa Daerah di Kelas IV SD dalam Menunjang Proses Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3999Abstract
Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, tentu dikenal dengan beraneka ragam kebudayaan yang ia miliki, salah satunya yaitu keberagaman bahasa daerah. Namun, penggunaan bahasa daerah menjadi prioritas ketiga setelah bahasa nasional dan bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bahasa daerah dapat dipergunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, di mana penelitian kualitatif merupakan penelitian tentang riset yang sifatnya deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, fokus penelitian yang sesuai dengan fakta yang ditemukan di lapangan. Adapun subjek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru dan siswa kelas IV SD N 111/I Muara Bulian dengan peserta didik yang berjumlah 32 orang serta mahasiswa PGSD Universitas Jambi yang telah melaksanakan Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) serta telah mengikuti kegiatan Magang Dasar dan Magang Lanjut di Sekolah Dasar dengan informan sebanyak lima belas orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui studi pustaka, observasi dan wawancara dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Waktu observasi adalah satu bulan sejak 26 Februari hingga 26 Maret 2022. Adapun hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan bahasa daerah di SD kelas IV dapat menunjang proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-03-30
How to Cite
Rian Septiani Siagian, & Silvina Noviyanti. (2022). Penggunaan Bahasa Daerah di Kelas IV SD dalam Menunjang Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 180–184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3999
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rian Septiani Siagian, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).