Penggunaan Bahasa Daerah di Kelas IV SD dalam Menunjang Proses Pembelajaran

Authors

  • Rian Septiani Siagian Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3999

Abstract

Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, tentu dikenal dengan beraneka ragam kebudayaan yang ia miliki, salah satunya yaitu keberagaman bahasa daerah. Namun, penggunaan bahasa daerah menjadi prioritas ketiga setelah bahasa nasional dan bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bahasa daerah dapat dipergunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, di mana penelitian kualitatif merupakan penelitian tentang riset yang sifatnya deskriptif dan cenderung menggunakan analisis, fokus penelitian yang sesuai dengan fakta yang ditemukan di lapangan. Adapun subjek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru dan siswa kelas IV SD N 111/I Muara Bulian dengan peserta didik yang berjumlah 32 orang serta mahasiswa PGSD Universitas Jambi yang telah melaksanakan Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) serta telah mengikuti kegiatan Magang Dasar dan Magang Lanjut di Sekolah Dasar dengan informan sebanyak lima belas orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui studi pustaka, observasi dan wawancara dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Waktu observasi adalah satu bulan sejak 26 Februari hingga 26 Maret 2022. Adapun hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penggunaan bahasa daerah di SD kelas IV dapat menunjang proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-03-30

How to Cite

Rian Septiani Siagian, & Silvina Noviyanti. (2022). Penggunaan Bahasa Daerah di Kelas IV SD dalam Menunjang Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 180–184. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3999