Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3918Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh betapa pentingnya kemampuan membaca dalam kehidupan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam masyarakat. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwasanya di SD Negeri 64/I Muara Bulian Memiliki tingkat kemampuan membaca yang cukup baik. Keberhasilan belajar dalam proses belajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca pada saat kelas 1 Sekolah Dasar. Membaca yang dilaksanakan pada kelas 1 Sekolah Dasar adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk dapat menimbulkan daya tarik bagi siswa agar giat secara aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar khususnya dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan Strategi Guru dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas Rendah. Adapun rumusan masalah khusus adalah sebagai berikut: Mendeskripsikan Bagaimana Guru Menggunakan Media dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar, Mendeskripsikan Bagaimana Guru Mengalokasikan Waktu dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian dalam bentuk Fenomenologi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada wali kelas 1 SD Negeri 64/I Muara Bulian. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa, dalam Pembelajaran membaca dilakukan strategi kartu huruf, strategi kartu kata bergambar, dan strategi pemberian jam tambahan yang pelaksanaannya setelah kegiatan belajar mengajar selesai.Downloads
Published
2022-03-15
How to Cite
Laila Silmi Kaffah, Maryono, & Silvina Noviyanti. (2022). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 92–97. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3918
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Laila Silmi Kaffah, Maryono, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).