Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Laila Silmi Kaffah Universitas Jambi
  • Maryono Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3918

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh betapa pentingnya kemampuan membaca dalam kehidupan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam masyarakat. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwasanya di SD Negeri 64/I Muara Bulian Memiliki tingkat kemampuan membaca yang cukup baik. Keberhasilan belajar dalam proses belajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca pada saat kelas 1 Sekolah Dasar. Membaca yang dilaksanakan pada kelas 1 Sekolah Dasar adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk dapat menimbulkan daya tarik bagi siswa agar giat secara aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar khususnya dalam pembelajaran membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk: Mendeskripsikan Strategi Guru dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas Rendah. Adapun rumusan masalah khusus adalah sebagai berikut: Mendeskripsikan Bagaimana Guru Menggunakan Media dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar, Mendeskripsikan Bagaimana Guru Mengalokasikan Waktu dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian dalam bentuk Fenomenologi. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada wali kelas 1 SD Negeri 64/I Muara Bulian. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa, dalam Pembelajaran membaca dilakukan strategi kartu huruf, strategi kartu kata bergambar, dan strategi pemberian jam tambahan yang pelaksanaannya setelah kegiatan belajar mengajar selesai.

Downloads

Published

2022-03-15

How to Cite

Laila Silmi Kaffah, Maryono, & Silvina Noviyanti. (2022). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 92–97. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3918