Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Integrasi Teknologi Pada Siswa Kelas IV SDN 124/VIII Sidorejo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3861Abstract
Peran guru sangat penting didalam dunia pendidikan. Salah satu peran penting guru adalah sebagai motivator untuk siswanya. Untuk meningkatkan motivasi siswa guru harus menyediakan model pembelajaran yang menarik salah satunya adalah Problem Based Learning. Penelitian ini mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi siswa menggunakan model problem based learning dengan integrasi teknologi pada siswa kelas IV . Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar pengamatan siswa yang dilakukanpada tiap proses pembelajarandengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan integrasi teknologi. Dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas IV SDN 124/ VIII Sidorejo. Terbukti dari siklus I motivasi belajar siswa 69,78% meningkat pada siklus II menjadi 76%. Dalam hal ini disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dengan integrasi teknologi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 124/ VIII Sidorejo.Downloads
Published
2022-03-08
How to Cite
Widya Kurnia Putri, Muhammad Sofwan, & Silvina Noviyanti. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Integrasi Teknologi Pada Siswa Kelas IV SDN 124/VIII Sidorejo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 46–52. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3861
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widya Kurnia Putri, Muhammad Sofwan, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).