Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem melalui Outdoor Learning di Sekolah Dasar

Authors

  • Dinda Rahma Fitri Universitas Jambi
  • Arsil Universitas Jambi
  • Silvina Noviyanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3949

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SDN 63/X Nibung Putih ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA materi ekosistem melalui outdoor learning. Peran guru dilihat dari bagaimana guru merencanakan proses kegiatan pembelajaran, melaksanakan proses kegiatan pembelajaran, serta evaluasi setelah pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan secara outdoor learning dengan baik. Dengan menggunakan metode outdoor learning peserta didik dapat melalui proses pembelajaran yang menyenangkan serta mampu memahami materi ekosistem IPA tentang pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam mengajarkan mata pelajaran IPA materi ekosistem melalui outdoor learning di sekolah dasar. Jenis penelitian ini kualitatif. Lokasi penelitian ini di SDN 63/X Nibung Putih. Sumber data pada penelitian ini yaitu data pokok serta data tambahan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA materi ekosistem melalui outdoor learning di SDN 63/X Nibung Putih sudah berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2022-03-22

How to Cite

Dinda Rahma Fitri, Arsil, & Silvina Noviyanti. (2022). Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem melalui Outdoor Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 116–121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3949