Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem melalui Outdoor Learning di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3949Abstract
Penelitian yang dilakukan di SDN 63/X Nibung Putih ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPA materi ekosistem melalui outdoor learning. Peran guru dilihat dari bagaimana guru merencanakan proses kegiatan pembelajaran, melaksanakan proses kegiatan pembelajaran, serta evaluasi setelah pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan secara outdoor learning dengan baik. Dengan menggunakan metode outdoor learning peserta didik dapat melalui proses pembelajaran yang menyenangkan serta mampu memahami materi ekosistem IPA tentang pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam mengajarkan mata pelajaran IPA materi ekosistem melalui outdoor learning di sekolah dasar. Jenis penelitian ini kualitatif. Lokasi penelitian ini di SDN 63/X Nibung Putih. Sumber data pada penelitian ini yaitu data pokok serta data tambahan). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA materi ekosistem melalui outdoor learning di SDN 63/X Nibung Putih sudah berjalan dengan baik.Downloads
Published
2022-03-22
How to Cite
Dinda Rahma Fitri, Arsil, & Silvina Noviyanti. (2022). Analisis Peran Guru dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem melalui Outdoor Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 116–121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3949
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dinda Rahma Fitri, Arsil, Silvina Noviyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).