Konsep Pendidikan Islam Multikultural Dalam Pandangan KH. Abdurrahman Wahid Dan Nurcholish Madjid
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3983Abstract
Penelitian ini bertujuan membuat deskripsi dan analisis pendidikan Islam multikultural dalam pandangan KH. Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid untuk mengembangkan konsep pendidikan ditengah-tengah masyarakat yang terdiri dari bermacam-macam latar belakang budaya dan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Teknik pengumpulan data ini dengan menggali data atau variabel baik berupa catatan, buku, jurnal ataupun adri sumber-sumber yang lain yang kemudian diakumulasikan menjadi catatan atau data tertulis. Adapun analisa data yang digunakan adalah berupa analisis isi. Kajian tentang konsep pendidikan Islam multikultural akan selalu menarik untuk dibahas, karena hal ini merupakan realita kejadian yang sesungguhnya terjadi ditengah-tengah masyarakat Indonesia dimana mayoritas penduduknya terdiri dari beberapa macam adat, budaya dan agama. Hasil dari penelitian ini adalah beberapa konsep pemikiran Gus Dur dan Cak Nur tentang pendidikan Islam multikultural yang mungkin untuk bisa dipadukan, sehingga bisa diterapkan dalam pendidikan formal maupun non formal. Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid adalah pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan perbandingan terkait pendidikan Islam multikultural ini, selain backgrounddari keduanya yang sama-sama asli produk pesantren, juga pemikirannya yang sangat luas dalam menyikapi keanekaragaman budaya dan agama di negeri ini. Keduanya sama-sama mengedepankan toleransi tinggi terhadap perbedaan yang ada, demi terciptanya hidup damai berdampingan ditengah-tengah perbedaan budaya dan keyakinanDownloads
Published
2022-03-28
How to Cite
Syamsul Huda, Devy Habibi Muhammad, & Ari susandi. (2022). Konsep Pendidikan Islam Multikultural Dalam Pandangan KH. Abdurrahman Wahid Dan Nurcholish Madjid. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 148–156. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3983
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Syamsul Huda, Devy Habibi Muhammad, Ari Susandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).