Pendidikan Karakter (Adab) Anak Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i Dan Imam Al-Ghazali
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3483Abstract
Pendidikan karakter adalah sistem pendidikan suatu moral atau budi pekerti yang digunakan untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang baik kepada seseorang. Krisis moral dan hilangnya karakter- karakter dalam diri manusia adalah salah satu persoalan diantara persoalan- persoalan yang timbul dari kemajuan pengetahuan dan teknologi. Dari persoalan-persoalan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membhaas konsep Pendidikan karakter (Adab) anak menurut Ibn Jama’ah Al-Syafi’I dan Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Pendidikan karakter (adab) siswa menurut Imam Ibn Jama’ah dalam kitab Tadzkirah Al-Sami’ Wa Al-Mutakallim Fi Adab Al-‘Alim Wa Almuta’allim ada tiga unsur , yaitu adab siswa terhadap dirinya, adab siswa terhadap dirinya,dan adab siswa terhadap pelajaran. Sedangkan konsep pendidikan karakter (adab) menurut Al-Ghazali ada empat, yaitu al hikmah (kebijaksanaan), asy syaja’ah (keberanian), al iffah (penjagaan diri) dan al ‘adl (keadilan).Downloads
Published
2022-01-25
How to Cite
Fifit Trisnayanti Abdi, Devy Habibi Muhammad, & Ari Susandi. (2022). Pendidikan Karakter (Adab) Anak Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i Dan Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 139–148. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3483
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fifit Trisnayanti Abdi, Devy Habibi Muhammad, Ari Susandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).