Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Siswa SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3762Abstract
Tingkat adopsi gadget saat ini semakin mengkahwatirkan, sehingga perlu langkah konkret untuk menerapkan pola asuh di era digital, agar anak-anak terhindar dari kencanduan gadget serta terbentuk sikap dan mental yang baik dalam diri anak. Terdapat dampak negatif yang di timbulkan dari gadget dalam bentuk perilaku atau akhlak yang tidak sejalan dengan tuntunan ajaran agama Islam, sehingga membutuhkan upaya guru PAI dalam mengatasi dampak negatif kecanduan gadget tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi dampak negatif kecanduan gadget terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian pada riset ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam, siswa kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian: Upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap siswa adalah sebagai motivator dan informator, yaitu selain memberi informasi agar bisa mengurangi efek negatif penggunaan gadget yang banyak digunakan oleh para siswa sehingga para siswa menjadi lebih bijak dalam berselancar di dunia maya dengan tidak hanya mengikuti kemauan mereka sendiri tetapi juga menyadari pengaruh negatif bila mereka menggunakan gawai secaraberlebihan, juga menjadi motivator agar para siswa tetap ingin belajar dengan baik serta bersemangat untuk meraih cita-cita dalam menentukan kehidupan masa depan mereka yang lebih baik.Downloads
Published
2022-02-26
How to Cite
Luluk Aviva, Devy Habibi Muhammad, & Heri Rifhan Halili. (2022). Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Siswa SMP Islam Hikmatul Hasanah Kecamatan Tegalsiwalan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 478–489. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3762
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Luluk Aviva, Devy Habibi Muhammad, Heri Rifhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).