Konsep Pendidikan Humanistik Perspektif Ibnu Khaldun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3488Abstract
Dari tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan humanis perspektif Ibnu Khaldun. Berdasarkan kecemerlangan pemikiran ibnu khaldun terhadap pendidikan yang sangat di kenal para ahli Maka memancing penulis untuk melanjutkan penelitian dan mendeskripsikan secara keseluruhan bagaimanakah konsep pendidikan atau metode humanistik Ibnu Khaldun. Untuk melakukan penelitian inilah penulis menggunakan library research yang dimana literatur-literatur yang berkaitan dengan pendidikan humanis Ibnu Khaldun serta buku yang relevan dengan pemikiran Ibnu Khaldun yang sangat banyak di kemukakan para ahli menjadi objek dari suatu penelitaian, sebagai sumber utama penelitian ini penulis tentunya memilih karya-karya yang sangat popular dalam kajian pendidikan yakni “kitab muqoddimah†dan dari beberapa buku dan jurnal yang berkaitan dengan pembahasan pada penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa di dalam pandangan Ibnu Khaldun, seorang pendidik yang humanis harus dapat memberikan pengajaran konsep pendidikan sesuai tingkat kesiapan, pemahaman berfikir, dan mental yang kuat, demi menumbuhkan pemikiran yang sempurna peserta didik.Downloads
Published
2022-01-25
How to Cite
A.Fauzi, Devi Habibi Muhammad, & Ari susandi. (2022). Konsep Pendidikan Humanistik Perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 149–158. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3488
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 A.Fauzi, Devi Habibi Muhammad, Ari Susandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).