Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Pande Kadek Nopa Pikapratiwi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3934

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa dalam belajar sehingga diperlukan media ajar yang menarik serta memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya penggunaan LKPD. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun LKPD IPA berbasis Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA dan (2) mengetahui kelayakan LKPD IPA berbasis Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur model ADDIE. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil uji validasi produk yang diperoleh dari review ahli materi dengan skor 100% kualifikasi sangat baik. Hasil review desain pembelajaran dengan skor  97% kualifikasi sangat baik dan hasil review ahli media pembelajaran dengan skor 92% kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan dengan skor 94% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil dengan skor 88% kualifikasi baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, maka LKPD berbasis Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Pikapratiwi, P. K. N. ., Ayu Wulandari, I. G. A. ., & Wiarta, I. W. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 406–410. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3934