Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3934Abstract
Kurangnya keaktifan siswa dalam belajar sehingga diperlukan media ajar yang menarik serta memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya penggunaan LKPD. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun LKPD IPA berbasis Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA dan (2) mengetahui kelayakan LKPD IPA berbasis Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur model ADDIE. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil uji validasi produk yang diperoleh dari review ahli materi dengan skor 100% kualifikasi sangat baik. Hasil review desain pembelajaran dengan skor 97% kualifikasi sangat baik dan hasil review ahli media pembelajaran dengan skor 92% kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan dengan skor 94% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil dengan skor 88% kualifikasi baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, maka LKPD berbasis Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-04-20
How to Cite
Pikapratiwi, P. K. N. ., Ayu Wulandari, I. G. A. ., & Wiarta, I. W. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 406–410. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.3934
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Pande Kadek Nopa Pikapratiwi, I Gusti Agung Ayu Wulandari, I Wayan Wiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).