Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Pada Materi Pecahan Muatan Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tulangampiang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4704Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun LKPD berbasis Problem Solving pada materi pecahan muatan matematika pada siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis Problem Solving pada materi pecahan muatan Matematika siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas V SD Negeri Tulangampiang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE karena langkah-langkahnya disusun secara terstruktur dengan langkah-langkah kegiatan yang sistematis. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah LKPD, meliputi hasil: (a) rancang bangun LKPD berbasis Problem Solving terdiri dari cover, Kopetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, uraian materi pecahan, langkah-langkah penyelesaian dan latihan soal. Rancang bangun LKPD ini berbantuan Microsoft Word. mendapatkan penilaian dari ahli memperoleh persentase sebesar 100,00% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji coba produk meliputi: (1) hasil penilaian ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,75%, dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,00% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93,00%, dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 90,00%, dengan kualifikasi sangat baik. (5) hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 91,88% dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Solving pada muatan materi pecahan layak digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problem Solving, Pecahan, MatematikaDownloads
Published
2022-06-16
How to Cite
Kusuma, I. D. P. S. J. ., & Wiarta, I. W. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Pada Materi Pecahan Muatan Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tulangampiang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1160–1165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4704
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Dewa Putu Satria Jaya Kusuma, I Wayan Wiarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).