Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5366Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada karakter sehari-hari yang ditunjukkan oleh siswa di lingkungan sekolah yakni kurangnya kesadaran peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembiasaan Tri Hita Karana sebagai upaya untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian kelas V SD di SD Negeri 2 Beringkit Belayu. Penelitian tindakan ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis-Taggart dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai karakter peduli lingkungan siswa yang terbagi menjadi 3 dimensi yakni kesediaan, daya upaya, dan bertanggung jawab. Kenaikan terbesar terjadi pada nilai dimensi kesediaan yaitu sebesar 11,5% kemudian dimensi daya upaya atau usaha sebesar 5% dan yang terakhir adalah dimensi bertanggung jawab sebesar 1,5%. Total secara keseluruhan peningkatan nilai perdimensi karakter peduli lingkungan sebesar 18%. Dengan demikian, nilai karakter peduli lingkungan siswa diperoleh sebesar 85,5%.Downloads
Published
2022-07-13
How to Cite
Dwi Amertha Sari, N. L. M., & Ayu Wulandari, I. G. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 971–981. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5366
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Luh Made Dwi Amertha Sari, I Gusti Agung Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).