Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371Abstract
Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan khususnya tingkat sekolah dasar belum sepenuhnya optimal sehingga mempengaruhi proses pelaksanaan pembelajaran yang berdampak pada kualitas pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tak terstruktur, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual sesuai dengan model ADDIE yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 95,8% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi, ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 92,8% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi, hasil uji coba perorangan pada 3 orang siswa memperoleh persentase skor 95% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi, dan hasil uji coba kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh persentase skor 96,6% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi. Berdasarkan dari hasil uji coba produk dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Multimedia, Interaktif, Kontekstual, Bangun DatarDownloads
Published
2022-05-25
How to Cite
Ni Kadek Dewi Astri, Wiarta, I. W. ., & Ayu Wulandari, I. G. A. . (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575–585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Kadek Dewi Astri, I Wayan Wiarta, I Gusti Agung Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).