Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar

Authors

  • Ni Kadek Dewi Astri Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371

Abstract

Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan khususnya tingkat sekolah dasar belum sepenuhnya optimal sehingga mempengaruhi proses pelaksanaan pembelajaran yang berdampak pada kualitas pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tak terstruktur, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual sesuai dengan model ADDIE yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 95,8% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi, ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 92,8% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi, hasil uji coba perorangan pada 3 orang siswa memperoleh persentase skor 95% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi, dan hasil uji coba kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh persentase skor 96,6% dengan kualifikasi sangat baik/layak tanpa revisi. Berdasarkan dari hasil uji coba produk dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang telah dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Multimedia, Interaktif, Kontekstual, Bangun Datar

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Ni Kadek Dewi Astri, Wiarta, I. W. ., & Ayu Wulandari, I. G. A. . (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575–585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371