Implementasi Metode Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMK Al-UM Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3677Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementsikan metode resitasi serta meningkatkan hasil belajar PAI bab Perkembangan Islam di Indonesia pada siswa kelas XII SMK AL-UM Dringu Probolinggo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK AL-UM yang berjumlah 20 siswa dan siswa dan siswi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengumpulan data yang menggunakan observasi dan catatan lapangan dengan menggunakan 2 siklus, pada setiap siklusnya ada 4 tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh selama pelaksanaan tindakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas X di SMK AL-UM Dringu Probolinggo, selain itu metode ini meningkatkan keaktifan siswa dikelas tersebut melalui proses stimulan antara lain dengan cara memberi nilai tambahan bagi siswa yang aktif. Hal ini dibuktikan dengan tuntasnya belajar siswa pada siklus I yang hasil rata-rata nilai pelajaran PAI adalah 75,25, kemudian hasilnya meningkat pada siklus II yaitu 82,75.Downloads
Published
2022-02-14
How to Cite
Rofi’atul Ummah, Ike Septianti, & Ari Susandi. (2022). Implementasi Metode Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMK Al-UM Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 311–320. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3677
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rofi’atul Ummah, Ike Septianti, Ari Susandi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).