Implementasi Metode Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMK Al-UM Probolinggo

Authors

  • Rofi’atul Ummah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ike Septianti Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ari Susandi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementsikan metode resitasi serta meningkatkan hasil belajar PAI bab Perkembangan Islam di Indonesia pada siswa kelas XII SMK AL-UM Dringu Probolinggo.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK AL-UM yang berjumlah 20 siswa dan siswa dan siswi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengumpulan data yang menggunakan observasi dan catatan lapangan dengan menggunakan 2 siklus, pada setiap siklusnya ada 4 tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh selama pelaksanaan tindakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas X di SMK AL-UM Dringu Probolinggo, selain itu metode ini meningkatkan keaktifan siswa dikelas tersebut melalui proses stimulan antara lain dengan cara memberi nilai tambahan bagi siswa yang aktif. Hal ini dibuktikan dengan tuntasnya belajar  siswa  pada siklus I yang  hasil rata-rata nilai pelajaran PAI adalah 75,25, kemudian hasilnya meningkat pada siklus II  yaitu 82,75.

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Rofi’atul Ummah, Ike Septianti, & Ari Susandi. (2022). Implementasi Metode Resitasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XII di SMK Al-UM Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 311–320. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3677