Pendidikan Tasawuf Dalam Perspektif Al Ghazali Dan Rabi’ah Adawiyah

Authors

  • Fathur Rozi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Devy Habibi Muhammad Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ari Susandi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3506

Abstract

Tujuan dari peneliti dalam materi yang di telaah untuk mengetahui pendidikan tasawuf dari kedua tokoh sufistik, Imam al Ghazali dan Rabi’ah Adawiyah. Penelitian iniialah Penelitian dengan metode Kualitatif penelitian dengan menggunakan Library Resarch atau penelitian kepustakaan dengan mengkaji beberapa buku dan jurnal terdahulu yang berkaitan dengan pendidikan Tasawwuf dari kedua tokoh tersebut diatas. Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini buku-buku dan beberapa jurnal tentang pendidikan tasawuf perspektif  Imam al- Ghazali dan Rabi’ah Adawiyah dalam pemahaman pendidikan tasawwuf yang di anut oleh keduanya. Dalam ilmu tasawuf kedua tokoh ini memiliki perbedaan dan persamaan, dari teori yang mereka jalani,persamaan antara kedua tokoh ini yaitu tertuju kepada yang maha menciptakan (allah swt) Al-Ghazali menganut tasawuf akhlaki yang condong  pada karakter yang terukur, sedangkan Rabi’ah Adawiyah bercorak tasawwuf irfani yakni ikhlas dan teori yang mereka anut dalam sufistik juga berbeda teori dengan yang dianut oleh Imam al Ghazali yaitu ma’rifat, mengetahui rahasia allah swt.sedangkan Rabi’ah Adawiyah yaitu Mahabbah, kecendrungan hati untuk mencintai Allah dengan bentuk ketaatan.

Downloads

Published

2022-01-26

How to Cite

Fathur Rozi, Devy Habibi Muhammad, & Ari Susandi. (2022). Pendidikan Tasawuf Dalam Perspektif Al Ghazali Dan Rabi’ah Adawiyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 170–176. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3506

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2