Konsep Pendidikan Humanistik Perspektif Ibnu Khaldun

Authors

  • A.Fauzi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Devi Habibi Muhammad Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ari susandi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3488

Abstract

Dari tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan  humanis perspektif Ibnu Khaldun. Berdasarkan kecemerlangan pemikiran ibnu khaldun terhadap pendidikan yang sangat di kenal para ahli Maka memancing penulis untuk melanjutkan penelitian dan mendeskripsikan secara keseluruhan bagaimanakah konsep pendidikan atau metode humanistik Ibnu Khaldun. Untuk melakukan penelitian inilah penulis menggunakan library research yang dimana literatur-literatur yang berkaitan dengan pendidikan humanis Ibnu Khaldun serta buku yang relevan dengan pemikiran Ibnu Khaldun yang sangat banyak di kemukakan para ahli menjadi objek dari suatu penelitaian, sebagai sumber utama penelitian ini penulis  tentunya memilih  karya-karya yang sangat popular dalam kajian pendidikan yakni “kitab muqoddimah†dan dari beberapa buku dan jurnal yang berkaitan dengan pembahasan pada penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa di dalam pandangan Ibnu Khaldun, seorang pendidik yang humanis harus dapat memberikan pengajaran konsep pendidikan sesuai tingkat kesiapan, pemahaman berfikir, dan mental yang kuat,  demi menumbuhkan pemikiran yang sempurna peserta didik.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

A.Fauzi, Devi Habibi Muhammad, & Ari susandi. (2022). Konsep Pendidikan Humanistik Perspektif Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 149–158. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3488