Pendidikan Karakter (Adab) Anak Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i Dan Imam Al-Ghazali

Authors

  • Fifit Trisnayanti Abdi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Devy Habibi Muhammad Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Ari Susandi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3483

Abstract

Pendidikan karakter adalah sistem pendidikan suatu moral atau budi pekerti yang digunakan untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang baik kepada seseorang. Krisis moral dan hilangnya karakter- karakter dalam diri manusia adalah salah satu persoalan diantara persoalan- persoalan yang timbul dari kemajuan pengetahuan dan teknologi. Dari persoalan-persoalan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membhaas konsep Pendidikan karakter (Adab) anak menurut Ibn Jama’ah Al-Syafi’I dan Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep Pendidikan karakter (adab) siswa menurut Imam Ibn Jama’ah dalam kitab Tadzkirah Al-Sami’ Wa Al-Mutakallim Fi Adab Al-‘Alim Wa Almuta’allim ada tiga unsur , yaitu adab siswa terhadap dirinya, adab siswa terhadap dirinya,dan adab siswa terhadap pelajaran. Sedangkan konsep pendidikan karakter (adab) menurut Al-Ghazali ada empat, yaitu al hikmah (kebijaksanaan), asy syaja’ah (keberanian), al iffah (penjagaan diri) dan al ‘adl (keadilan).

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Fifit Trisnayanti Abdi, Devy Habibi Muhammad, & Ari Susandi. (2022). Pendidikan Karakter (Adab) Anak Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i Dan Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 139–148. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3483

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2