Dampak Televisi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i6.20179Abstract
Di era digital ini, televisi telah menjadi bagian integral dari sebagian besar rumah tangga. Tidak akan sulit untuk mengatakan bahwa anak-anak saat ini praktis hidup dan bernapas di acara TV. Tapi apa pengaruh kotak ajaib ini terhadap perkembangan mereka? Sisi baiknya, televisi memperkenalkan anak-anak ke dunia imajinasi dan kreativitas yang sama sekali baru. Dari petualangan animasi hingga program pendidikan, itu dapat memperluas wawasan mereka tidak seperti sebelumnya. Dengan sedikit pahlawan super, taburan hewan yang bisa berbicara, dan sejumput pemecahan masalah, TV dapat merangsang kemampuan kognitif mereka dan memicu kecintaan seumur hidup untuk belajar. Terlalu banyak waktu layar dapat menghambat keterampilan sosial, aktivitas fisik, dan bahkan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Sindrom zombie terkenal, di mana anak-anak terpaku pada layar selama berjam-jam, bisa menjadi tantangan nyata untuk diatasi. Sebagai orang tua dan wali, sangat penting bagi kita untuk mencapai keseimbangan. Membatasi waktu layar, mengkurasi konten yang sesuai dengan usia, dan memprioritaskan aktivitas interaktif dapat membantu mengurangi efek negatif dari konsumsi televisi yang berlebihan. Kesimpulannya, sementara televisi menyediakan hiburan dan pendidikan, itu perlu didekati dengan penuh perhatian. Sangat penting untuk mengizinkan anak-anak kecil kita menjelajahi keajaiban TV sambil memastikan mereka tetap aktif, sosial, dan individu yang berpengetahuan luas. Jadi, ambil remote control itu dan mulailah petualangan berdampingan dengan anak-anak Anda. Dengan sedikit pendidikan, taburan moderasi, dan sejumput bimbingan orang tua, TV memang bisa menjadi kontributor yang berharga bagi perkembangan mereka secara keseluruhanDownloads
Published
2023-12-04
How to Cite
Rahmayanty , D. ., Febyya.I, B. E. ., Putri, A. R. ., & Ardiansyah, A. (2023). Dampak Televisi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(6), 23–27. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i6.20179
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dinny Rahmayanty , Bunga Ezila Febyya.I, Azzahara Ramadhania Putri, Ardiansyah Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).