Pola Interaksi Dan Komunikasi Sosial Guru dan Santri Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis PAI Di Madrasah Tarbiayah Islamiyah (MTI) Candung Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14581Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat fenomena bahwa telah terjadinya pola interaksi dan komunikasi yang baik antara guru dan santri. Pola interaksi dan komunikasi yang tercipta menunjukkan adanya variasi antara pola interaksi dan komunikasi satu arah (dari guru kepada santri), dua arah (dari guru kepada santri dan dari santri kepada guru) serta komunikasi banyak arah (guru kepada santri, sesama santri dan guru). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) bagaimana pola interaksi dan komunikasi satu arah, 2) bagaimana pola interaksi dan komunikasi dua arah dan 3) bagaimana pola interaksi dan komunikasi banyak arah dalam pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Candung Kabupaten Agam. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian field research. Sumber data penelitian yaitu, lima orang guru kitab kuning dan empat orang santri. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menyeleksi data, mengelompokan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, 1) Pola interaksi dan komunikasi satu arah dalam pembelajaran kitab kuning di Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Candung diterapkan dengan menggunakan metode ceramah dan bandongan, 2) pola interaksi dan komunikasi dua arah menggunakan metode sorogan dan tanya jawab dan 3) pola interaksi dan komunikasi banyak arah diterapkan dengan metode diskusi. Interaksi dan komunikasi antara guru dan santri dalam pembelajaran kitab kuning terjadi dalam pembelajaran formal di kelas dan pada malam hari di asrama. Adapun santri yang tinggal di luar asrama, membuat kelompok dan mendatangi rumah gurunya untuk mempelajari kitab kuning. Interaksi dan komunikasi pembelajaran kitab kuning juga terjadi antar tutor sebaya, para santri satu sama lain berbagi ilmu tentang materi kitab kuning.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Ardiansyah, A., Fadriati, F., & Suharmon, S. (2023). Pola Interaksi Dan Komunikasi Sosial Guru dan Santri Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis PAI Di Madrasah Tarbiayah Islamiyah (MTI) Candung Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5652–5664. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14581
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ardiansyah, Fadriati, Suharmon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).