Implementasi Kepemimpinan Profetik Kepala Madrasah (Studi MTS Al Manar)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12612Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai: (1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah; (2) Tanggapan warga madrasah mengenai kepemimpinan kepala madrasah; dan (3) Faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan profetik Islam oleh kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus di MTS Al-Manar. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data, teknik yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala madrasah mencerminkan kepemimpinan profetik sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW; (2) Warga madrasah menanggapi bahwa kepala madrasah sebagai sosok pemimpin yang responsive dan mengutamakan musyawarah dalam pengambilan kebijakan; dan (3) Faktor pendukung kepemimpinan profetik oleh kepala madrasah adalah fasilitas ibadah yang memadai sehingga suasana sekolah semakin Islami, kemudian latar belakang pendidikan kepala sekolah dibidang keagamaan membuat kepemimpinan yang diterapkan selalu mempertimbangkan aspek agama. Untuk faktor penghambat yaitu kondisi kesehatan kepala madrasah dan masih terdapat guru yang kurang respon dalam pelaksanaan kebijakan.Downloads
Published
2023-03-03
How to Cite
Adriansyah, A., Ardiansyah, A., Hasri, S. ., & Sohiron, S. (2023). Implementasi Kepemimpinan Profetik Kepala Madrasah (Studi MTS Al Manar). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 73–78. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12612
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Adriansyah Adriansyah, Ardiansyah Ardiansyah, Salfen Hasri, Sohiron Sohiron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).