Implementasi Kebijakan Pendidikan Agama SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7759Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan dalam hal pengembangan dan penerapan Pendidikan Agama Islam di SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapanganmenggunakan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan, menganalisis keadaan yang ada dilapangan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru sudahmelaksanakan dengan baik dalam mengimplementasikan pendidikan agama, yaitu guru melakukan perencanan pembelajaran dengan membuat perangkat belajar seperti RPP, Silabus, dan Materi serta melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana rencana pembelajaran itu terlaksana dengan baik dan bisa dipahami peserta didik.Adapun faktor pendukung implementasi pendidikan agama di SD IT Ibnu Qoyyim yaitu adanya kerjasama dengan baik antar guru, lingkungan belajar yang kondusif untuk melaksanakan proses pembelajaran. Selanjutnya faktor pengambat dalam mengimplementasikan pendidikan agama di SD IT Ibnu Qoyyim yaitu kurangnya keprofesionalan guru dan kurangnya kepedulian orang tua terhadap pendidikan agama anak dirumah serta kurangnya kepedulian orang tua terhadap lingkungan sekitar anak.Downloads
Published
2022-10-20
How to Cite
Abunawas, A., Sakban, S., Harahap, N. ., Octavia, A. ., Harahap, N. ., Putra, Y. E. ., & Ardiansyah, A. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Agama SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6618–6626. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7759
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Abunawas, Sakban, Nurhabibah Harahap, Anisa Octavia, Nurbaya Harahap, Yoanda Eka Putra, Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).