Pengaruh Penguasaan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran PAI di Kelas XI SMKN 3 Kota Solok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17136Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya perhatian terhadap penguasaan keterampilan mengajar guru di SMKN 3 Kota Solok terhadap tingkat pemahaman siswa. Penulis membatasi penelitian ini pada penguasaan keterampilan mengajar guru terhadap pemahaman siswa yang disukai oleh siswa, karena proses belajar guru dalam menjelaskan pelajaran dapat membuat siswa mengerti dalam pembelajaran PAI. Meskipun demikian, masih ditemukan siswa yang kurang memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung bahkan kurang paham dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penguasaan keterampilan mengajar guru di SMKN 3 Kota Solok, menggambarkan pemahaman siswa di SMKN 3 Kota Solok, dan mencari tahu apakah ada pengaruh signifikan antara penguasaan keterampilan mengajar guru terhadap tingkat pemahaman siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMKN 3 Kota Solok. Metode yang digunakan adalah korelasi dan analisis regresi linear sederhana untuk mengukur besarnya pengaruh variabel bebas (penguasaan keterampilan mengajar guru) terhadap variabel terikat (pemahaman siswa). Data dikumpulkan menggunakan angket dari 54 siswa sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan keterampilan mengajar guru di SMKN 3 Kota Solok termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 54%, dan pemahaman siswa juga termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase jawaban 50%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penguasaan keterampilan mengajar guru terhadap tingkat pemahaman siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 7.482 > t tabel 1.997 dan F regression 665 > F tabel 4.02, dengan nilai sig. Regression 000 < 0,05, sehingga H1 diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, pengaruh penguasaan keterampilan mengajar guru terhadap tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMKN 3 Kota Solok memiliki pengaruh yang signifikan.Downloads
Published
2023-07-31
How to Cite
Fajrianti, J. ., Supriadi, S., Zakir, . S. ., & Alimir, A. (2023). Pengaruh Penguasaan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran PAI di Kelas XI SMKN 3 Kota Solok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 109–119. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17136
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jihan Fajrianti, Supriadi Supriadi, Supratman Zakir, Alimir Alimir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).