Implementasi Pemberian Reward And Punishment Dalam Pembelajaran Qur'an Hadits di MTS.S Tarbiyah Islamiyah Pasir Kabupaten Agam

Authors

  • Ilham Muhammad Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Januar Januar Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Alimir Alimir Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Jasmienti Jasmienti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13083

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih ada santri yang kurang minat dan motivasi ketika belajar Qur'an Hadits, santri yang malas belajar saat mengetahui pembelajaran jarang diberikan reward dalam pembelajaran, santri yang kelompoknya diberikan reward masih ada yang mengejek kelompok lain yang tidak mendapatkan reward, adakalanya juga terdapat santri itu melanggar terhadap punishment yang diberikan, dan juga dalam hal penerapan punishment seperti yang terlihat masih belum memberikan efek jera pada para santri. Dari permasalahan yang ada peneliti tertarik untuk meneliti implementasi pemberian reward and punishment dalam pembelajaran Qur'an Hadits di MTs.S Tarbiyah Islamiyah Pasir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi, dan bentuk-bentuk pemberian Reward and Punishment. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan tentang Implementasi Pemberian Reward and Punishment dalam Pembelajaran Qur'an Hadits di MTs.S Tarbiyah Islamiyah Pasir Kabupaten Agam. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya peneliti menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis menemukan bahwasannya perencanaan pada implementasi pemberian reward and punishment dalam pembelajaran Qur'an Hadits dimulai dari perencanaan guru mempersiapkan pembelajaran dengan membuat RPP dan kontrak pembelajaran. Implementasi pemberian reward and punishment dalam pembelajaran Qur'an Hadits dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam tahap penilaian guru juga menerapkan pemberian reward and punishment. Didalam menerapkan pemberian reward and punishment tersebut sudah sesuai dengan prinsip yang ada, yaitu pemberian reward and punishment dilakukan pada situasi yang tepat, sudah disepakati bersama, diberikan sesegera mungkin, dan diberikan secara wajar dan realistis. Adapun reward yang diberikan bentuknya berupa pujian, senyuman, acungan jempol, tepuk tangan, hadiah (alat tulis dan uang), dan penambahan nilai. Sedangkan punishment yang diberikan bentuknya berupa isyarat (misalnya dengan gerak mata dan raut wajah), perkataan (teguran, sindiran, peringatan), perbuatan (berdiri didepan kelas selama jam pelajaran, dan mengumpulkan tugas lebih cepat dari pada tenggat waktu yang ditentukan), hukuman badan (menjewer telinga), dan pengurangan nilai.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Muhammad, I. ., Januar, J., Alimir, A., & Jasmienti, J. (2023). Implementasi Pemberian Reward And Punishment Dalam Pembelajaran Qur’an Hadits di MTS.S Tarbiyah Islamiyah Pasir Kabupaten Agam . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1217–1224. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13083