Studi Literature Efektifitas Pembelajaran IPA Melalui Variasi Di Sekolah Dasar

Authors

  • Nofriza Efendi Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Arryal Syaputra Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Muhammad Ikhsan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat
  • Susilawati Susilawati Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi gaya mengajar guru, respon siswa terhadap variasi gaya mengajar guru dan efektivitas variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa sehingga berguna meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan  tanya jawab yang jelas dan spesifik selama proses pembelajaran. Untuk mendorong siswa berpikir kritis, untuk meningkatkan pemahaman  mereka, dan  meningkatkan keterampilan komunikasi mereka, tanya jawab adalah teknik pengajaran yang sangat baik. Namun, siswa sering menghadapi tantangan saat mengajukan pertanyaan yang sangat jelas dan tepat. Sehingga mempengaruhi bagaimana mereka menginterpretasikan  topik materi. Pertanyaan dan jawaban yang jelas dan spesifik yang digunakan dalam pengajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Pendekatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, mengajukan pertanyaan yang mendorong pemikiran kreatif, dan memperdalam pemahaman mereka. Dengan demikian sesuatu dianggap efektif apabila tercapai tujuan yang telah ditentukan. Variasi dapat berwujud perubahan atau pebedaan yang sengaja diciptakan dibuat memberikan kesan yang unik bagi masing – masing model pembelajaran

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Efendi, N., Syaputra, A. ., Ikhsan, M. ., & Susilawati, S. (2023). Studi Literature Efektifitas Pembelajaran IPA Melalui Variasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 52–56. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16943